Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

resistextremeenergy.org – Siapa yang tidak kenal dengan persamaan linear 2 variabel? Materi pembelajaran yang satu ini telah banyak kita pelajari di bangku kelas VII Masa-masa sekolah menengah pertama atau SMP. Namun apakah kita bisa mengingatnya mengenai keseluruhan dari pembelajaran, yang telah diajarkan oleh guru kita masing-masing di sekolah tersebut?

Mungkin sudah menjadi hal yang wajar jika kita sudah tidak menghafalkan rumus-rumus yang menjadikan kita kesusahan di masa-masa tersebut. Namun sebagai siswa yang cerdas sebenarnya kita diharuskan  untuk selalu mengingatnya keseluruhan materi-materi tersebut. Mengingat pembelajaran matematika sebagian besar sangat berguna dan banyak digunakan untuk keperluan pekerjaan.

Apa Itu Sistem Persamaan?

Sistem persamaan merupakan himpunan dari persamaan yang sama-sama terhubung. Sedangkan variable sendiri adalah sebuah nilai yang hasilnya dapat berubah-ubah. Pada sebuah sistem persamaan, sama halnya dengan sebuah persamaan yang memiliki hasil atau variable dengan pangkat tertingginya yakni satu (1). 

Sedangkan pada persamaan linear untuk 2 variable merupakan sistem yang memiliki dua persamaan system linear dan juga mempunyai dua (2) variable. Bahkan biasanya juga melibatkan dua persamaan yang juga memiliki dua variable. Dalam sistem pematerian persamaan sistem linear, memiliki beberapa komponen diantaranya koefisien, variable, dan konstanta.

Koefisien merupakan sebuah bilangan yang berada di bagian depan variable. Sedangkan variable merupakan nilai yang sifatnya bisa berubah-ubah. Sedangkan konstanta sendiri merupakan sebuah bilangan yang tidak diikuti oleh variable itu sendiri. Terkait dalam sebuah cara penyelesaian SPLDV sebenarnya bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa metode tertentu.

  • Metode Subtitusi

Metode ini merupakan metode yang cara penyelesaiannya untuk sebuah bentuk aljabar, yakni dengan cara menggabungkan tiap persamaan-persamaan yang telah diketahui untuk dijadikan sebagai suatu kesatuan. Sebab dalam sebuah penyelesaian SPLDV memang memerlukan paling tidak 2 persamaan untuk menemukan sebuah solusi dari variable masing-masing. 

  • Metode Eliminasi

Metode ini merupakan metode yang biasa digunakan untuk menyelesaikan sebuah bentuk aljabar, yakni dengan cara menghilangkan salah satu dari variable yang ada. Dengan tujuan untuk menentukan sebuah solusi variable lainnya. Dan untuk penyelesaiannya metode ini memerlukan minimal 2 persamaan, yakni untuk bisa menemukan solusi dari variable masing-masing.

  • Metode Gabungan

Metode gabungan atau campuran merupakan metode gabungan dari eliminasi dan subtitusi. Dengan tujuan untuk mencari sebuah solusi pada persamaan bentuk aljabar. Cara ini sebenarnya merupakan sebuah alternative dari perhitungan yang jauh lebih cepat. Sebab cara ini bekerja dengan solusi eliminasi dan subtitusi variable, untuk menghitung hasil atau variabel selanjutnya.

  1. Metode Grafik

Pada metode grafik merupakan salah satu cara untuk mementukan titik potong, diantara dua persamaan garis. Sehingga akan didapatkan sebuah himpunan penyelesaian  dari SPLDV tersebut. Cara ini termasuk cara terakhir dalam pematerian SPLDV, dan biasa digunakan untuk mencari sebuah nilai tertentu.

Baca Juga : Menggambar dengan Teknik Basah Menggunakan Media Apa

Itulah informasi detail mengenai persamaan linear 2 variabel, yang bisa dilakukan dengan menggunakan 4 cara berbeda, seperti metode subtitusi, eliminasi, gabungan, dan grafik.