Tips Menghadapi Guru Killer di Sekolah

Tips Menghadapi Guru Killer di Sekolah

resistextremeenergy.org – Ada banyak tipe guru di sekolah salah satunya adalah guru killer yang paling ingin dihindari semua murid. Bahkan terkadang ada sebagian murid memilih untuk izin karena malas menghadapinya. Namun, tidak usah khawatir. Pada tulisan ini Anda bisa memperoleh bagaimana cara menghadapi guru killer.

Mengubah Perilaku Sesuai dengan Peraturan

Meskipun dikenal sebagai guru killer, setiap orang akan merasa lebih baik ketika lebih bersimpati dan melakukan hal baik. Berikut ini langkah-langkah yang dapat diikuti. 

1. Berempati kepada orang lain 

Cobalah untuk membantu teman sekelas saat sedang mengalami kesulitan saat memahami soal atau penjelasan materi. Ini dapat membantu menunjukkan bahwa Anda memiliki empati pada orang lain. 

2. Tidak melawan

Bersikaplah lebih sopan sekaligus jangan melawan. Dari pada mengalahkan argumen pengajar, cobalah untuk bersikap ramah dengan tulus.  

3. Bersikap positif

Bersikaplah secara positif ketika dihadapkan pada soal ujian yang sulit. Jangan mengeluh dengan banyaknya tugas yang diberikan. 

4. Jangan membantah

Dari pada membantah tanpa dasar ketika ada pendapat berbeda, lebih baik gunakan kata-kata sopan dan beralasan. 

5. Cari tahu penyebab pengajar marah

Carilah informasi dan pahami mengapa pengajar begitu marah. Setelah mengetahui penyebabnya, berusahalah untuk menghindari hal-hal tersebut. 

6. Dokumentasikan apabila ada masalah serius

Ada beberapa pengajar yang tidak bisa mengontrol tindakannya lalu bertindak sangat kejam. Jika ini terjadi, dokumentasikan kejadian tersebut. Jika perlu libatkan orang tua serta pihak sekolah. 

Berperilaku Baik pada Guru

7. Datang tepat waktu

Datang on time akan membuat pengajar berpikir bahwa muridnya sangat antusias mengikuti kelas. Selain itu, jangan terlalu panik untuk pulang padahal waktu pelajaran masih ada.

8. Dengar sekaligus perhatikan

Ketika perkataan serta penjelasan pengajar didengarkan, ia akan merasa lebih dihargai. Jangan bermain gadget serta berbicara dengan teman. 

9. Mencatat

Catatlah penjelasan yang diberikan, sebab hal ini akan menunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli dengan pelajaran yang berlangsung. 

10. Ikut berpartisipasi 

Partisipasi yang dapat dilakukan adalah membantu dengan sukarela, aktif menjawab disaat diberikan pertanyaan, turut aktif ketika diskusi kelompok, dan lain sebagainya. 

11. Pastikan membawa buku dan PR

Pengajar akan semakin kesal ketika ada murid tidak membawa buku pelajaran atau mengerjakan PR. Hal ini karena Anda terkesan tidak mengindahkan perkataannya. 

12. Jangan meledek

Umumnya guru kejam memiliki julukan dan dijadikan bahan olok-olokkan para murid. Jangan melakukannya, karena hal itu akan membuatnya semakin marah dan kesal. 

13. Minta bantuan ekstra

Ketika kelas berakhir mintalah untuk memberikan pelajaran tambahan. Anda dapat memintanya saat hendak melakukan ujian dan tes lainnya. Itu memungkinkan pengajar bersikap lebih ramah karena ia merasa lebih dipercaya. 

14. Jangan menjilat

Lakukanlah semua saran diatas dengan tulus, karena guru akan cenderung bisa merasakan ketulusan Anda. 

Baca Juga :

Itulah beberapa cara menghadapi guru killer agar bisa Anda terapkan di sekolah. Semoga bisa membantu Anda menjadi murid teladan!